Minggu, 19 Januari 2014

Pie Perasaan Mu, Pertama Kali Turun Tangan?

Tanggal 19 Januari 2013 adalah hari pertama ku untuk bertemu dan berkenalan dengan para relawan Turun Tangan Yogyakarta, sungguh kondisi pada saat awal pertemuan sangat  hangat, akrab, dan merakyat. Kurang lebih 20 para pemuda berkumpul untuk berbicara tentang bangsa, dengan antusias para relawan berbagi jerit pengalaman suka dan duka mereka untuk memajukan bangsa ini.

Tidaklah elok rasanya jika hanya membicarakan masalah, harus ada solusi juga tindakan relevan . Aku sangat terkejut sekali pembahasannya pada saat itu adalah kegiatan  yang akan menjadi agenda Turun Tangan ke depannya, great banget atmosfernya, secara tidak langsung mereka juga langsung menerima ku padahal baru juga sehari ketemu hehe.

Para relawan baru dan yang telah lama, sama-sama saling menumpahkan pikiran serta ide-ide tanpa ada batasan. Rasanya benar-benar di hargai tanpa ada saling tunjuk ini itu semuanya siap untuk turun tangan sehingga mencapai keberhasilan dalam setiap program dalam menebar kebaikan.

Yah diskusi berlangsung tidak monoton banyak sekali ice breaker dan intermeso yang sangat menggelitik, sampai-sampai saya mengatakan “dari Turun Tangan lalu Turun ke Hati”. Maksudnya untuk menciptakan dan bermanfaat bagi bangsa, kita semestinya tidak hanya sekedar berbicara teoritis tetapi kita juga harus memahaminya lewat pelajaran praktis, dengan itu rasa cinta terhadap Merah Putih akan tumbuh dengan sendirinya.  

Yah lalu adapula cerita pengalaman dari Coach Rene Suhardono yang di sampaikan oleh Haris Nur Ali begini ceritannya. Saat satu stage berbagi dengan Pak Anies Baswedan, mereka sempat berbincang, dan sangat menakjubkannya, bukan pertanyaan apa kabar  yang pertama kali di utarakan Pak Anies Baswedan kepada Coach Rene tetapi beliau (Anies Baswedan) menanyakan secara gamblang “Dalam 1 minggu terakhir apa yang sudah kamu lakukan untuk bangsa mu?”.

Seketika aku terenyuh seakan-akan tanah tempat ku menginjakan kaki itu bertanya pada ku. Benar juga selama 20 tahun aku hidup di Indonesia apa yang telah ku perbuat untuk bangsa yang airnya ku minum serta rempah-rempahnya juga hasil alamnya aku nikmati.

Semoga bersama teman-teman Turun Tangan bukan hanya aku, kamu, kalian, mereka, tetapi kita semua bisa memberi yang terbaik untuk bangsa ini, semoga berjuta-juta pemuda bangsa yang masih memiliki jiwa kepedulian terhadap sekitarnya bisa segera saling berkolaborasi dengan Turun Tangan. Ini perasaan ku, apa perasaan mu? :D

2 komentar: